You are here: Home Forum

AyamLaga.COM - Komunitas Penggemar Ayam Laga, Aduan, Bangkok Indonesia

Welcome, Guest
Please Login or Register.    Lost Password?

SEPUTAR AYAM !! ANDA BERTANYA, BUCEK MENJAWAB
(1 viewing) (1) Guest
Go to bottomPage: 1...70717273747576...108
TOPIC: SEPUTAR AYAM !! ANDA BERTANYA, BUCEK MENJAWAB
**
#105728
swifer85 (User)
Expert Boarder
Posts: 314
graphgraph
User Offline Click here to see the profile of this user
Re:SEPUTAR AYAM !! ANDA BERTANYA, BUCEK MENJAWAB 1 Year, 7 Months ago Karma: 1  
wowww postingan panjang dan fantastiss,,,lanjutkann terusss hingga 1000:laugh: :laugh:
 
The administrator has disabled public write access.
#105748
bucek (User)
Platinum Boarder
Posts: 2927
graphgraph
User Offline Click here to see the profile of this user
Re:SEPUTAR AYAM !! ANDA BERTANYA, BUCEK MENJAWAB 1 Year, 7 Months ago Karma: 15  
kaver wrote:
terkadang pada wkt abar ayam ada ayam yg sepertinya tarungnya gak fokus ( mata gak cari kepala musuh ) , mungkin ga akibat pernah kepukul saraf mata ( sebelah gak fokus ,tengoknya sih ada tp gak cari kepala jadi muter aja / gak mukul). gmn masukan orang gunung??

susah ditentuin kena bisa seperti itu, karena bisa disebabkan banyak sebab, antara lain
1. ayam2 yg waktu kecil sakit, lalu dipisah (biasanya yg empunya menaruh lampu berwaat agak tinggi biar hangat) ayam yg sangat dekat/menempel dilampu matanya kadang2 rusak, kalo besar diabar agak bleng2 atau bahkan bleng total

2. ayam yg ada masalah disaluran pernasapan & saluran telinga (misalnya goham dihidung, pilek yg gak sembuh2, congean) jadi kalo diabar ayamnya jadi tuli (budeg), itu juga bisa membuat ayam bleng2,

3. ayam pernah kepukul syaraf parah (tapi kasus ini jarang) karena kalo syaraf ayam rusak biasanya sudah terlihat, jangankan diabar jalan saja sudah terlihat bingung2, ini sama halnya dgn ayam yg pernah kena tetelo, blangnya parah

4. ayam kepukul syaraf ringan, kata orang2 gunung ayam kalo kepukul koleng jangan langsung diangkat, biarkan kepukul lagi biar uratnya baik lagi oleh pukulan, kalo langsung diangkat dan tidak dibetulkan oleh orang yg tau, itu bisa membuat ayam syarahnya agak macet2 (jadi waktu diabar aliran darahnya ke otak jadi tidak lancar, akibatnya sedikit blang2)

5. sudah bakatnya memang begitu

6. tapi tidak semua kasus seperti itu, ada ayam sakit yg betul2 nempel dilampu sampe besar tidak masalah juga ada, ayam yg dipukul terguling2 langsung diangkat tapi sembuh lagi juga ada, ayam yg pilek2 diabar tidak ada masalah juga ada

obat goham tiup
 
The administrator has disabled public write access.
#105749
bucek (User)
Platinum Boarder
Posts: 2927
graphgraph
User Offline Click here to see the profile of this user
Re:SEPUTAR AYAM !! ANDA BERTANYA, BUCEK MENJAWAB 1 Year, 7 Months ago Karma: 15  
jokolelur64@yahoo.com wrote:
bucek wrote:
Cah_Erap wrote:
Kalo udah pas 100 pages bisa dibikin buku saku 'Tips Seputar Ayam Adu' dg Author Mr. Bucek
Lanjuuutttt... :)



nanya, pak bro..
kalo di tempat njenengan, umur berapa bulan lancuran mulai masuk tahap perawatan?...
matur nuwun..

saya tidak kasih jawaban pasti, saya hanya berbagi cerita
teorinya ayam mulai di rawat baiknya setelah matang (mental maupun fisiknya) disini tiap2 ayam tingkat kematangannya berbeda2, contoh kasus ayam2 saigon di cak bro erap, disana ayam2 saigonnya baiknya mulai dirawat setelah mabung pertama karena menurut cak bro ayamnya matang diusia segitu

visi beternak ayam, kita mempunyai visi yg berbeda2, peternak2 keturunan ditempat kami yg beternak untuk tujuan serius (adu serius & jual serius) sebelum 10 bulan ayam sama sekali tidak dirawat biar sudah berani ayam
nah mas bro ini beternak ayam visinya apa ? serius sekali atau cuma sekedar melepas hobi ? kalo cuma sekedar melepas hoby tidak usah terlalu terpatok pada konsep (liat ayam muda udah berani ayam, bulu rawis udah tua bolehlah dirawat2)

pola maen /teknik ayam
kalo dikandang ms bro punya ayam yg type pukul boooommmm, mending dirawat setelah kakinya benar2 matang (kalo tidak kaki ayam sering bermasalah, turun urat, lutut goyah dll)

kalo kita rawat ayam terlalu muda bisa terjadi salah penilaian (karena blom matang, kita abar2 kadang2 terlihat jelek / kita buang di kandang orang laen malah jadi jawara)

kalo dikadang kami, kebetulan kami juga bukan pengadu/peternak serius jadi ayam dirawat tidak terlalu berpatok pada konsep, hanya dikepala kami sudah tertanam ayam2 muda itu bukan mau dinilai tapi hanya diisengi (jadi waktu saat diabar jelek tidak masalah) kami betul2 menilai ayam kepakai/tidak kepakai setelah berusia matang..... biar satu kandang setiap ayam punya tingkat kedewasaan/kematangan yg berbeda

tapi kami tetap memakai filing (kalo terlihat sudah dewasa, tubuh/mental) tapi menurut cacatan kami usianya baru 6-7 bulan, rawatnya pun ala kadarnya (sekedar rawat2 saja), berbeda kalo ayam tsb sudah berumur 8-9 bulan (ini dirawat untuk diadu)

intinya peka terhadap apa yg kita kerjakan, jangan kaku pada satu konsep, selalu menggunakan filing
boleh merawat sejak dini tapi kalo ayamnya begini, begini otak harus tertanam itu tidak apa2
ayam campuran burma2 turun2 (maen berantakan) waktu muda otak juga harus mengatakan itu tidak apa2
ayam bangkok kontrol waktu muda cepat ngalah otak harus mengatakan itu perlu diwaspadai
dll
jadi mau rawat ayam itu terserah kita saja, tapi kita harus bisa siap membedakan dan memilah pikiran kita sesui kondisi yg kita hadapi
 
The administrator has disabled public write access.
#105750
bucek (User)
Platinum Boarder
Posts: 2927
graphgraph
User Offline Click here to see the profile of this user
Re:SEPUTAR AYAM !! ANDA BERTANYA, BUCEK MENJAWAB 1 Year, 7 Months ago Karma: 15  
tulisan saya diatas acak kadut tapi ms bro mengerti kan ?
intinya ayam itu beda kematangan, beda karateristik jadi kita musti memakai sedikit filiing dalam merawat ayam2 muda tsb (beda kalo kita memperoleh ayam2 tsb diusia siap rawat, siap adu atau sehabis mabung pertama)

kita boleh merawat ayam sejak usia 4 bulan, tapi cara perlakuannya tentu beda dgn saat merawat ayam 6 bulanan beda lagi cara memperlakukan ayam yg dirawat di usia 9 bulanan
 
The administrator has disabled public write access.
#105751
ayam@petir (User)
https://www.facebook.com/teksen.cenk
Platinum Boarder
Posts: 1047
graphgraph
User Offline Click here to see the profile of this user
Gender: Male https://www.facebook.com/teksen. Location: surabaya Birthdate: 1962-10-16
Re:SEPUTAR AYAM !! ANDA BERTANYA, BUCEK MENJAWAB 1 Year, 7 Months ago Karma: 1  
bucek wrote:
jokolelur64@yahoo.com wrote:
bucek wrote:
Cah_Erap wrote:
Kalo udah pas 100 pages bisa dibikin buku saku 'Tips Seputar Ayam Adu' dg Author Mr. Bucek
Lanjuuutttt... :)



nanya, pak bro..
kalo di tempat njenengan, umur berapa bulan lancuran mulai masuk tahap perawatan?...
matur nuwun..

saya tidak kasih jawaban pasti, saya hanya berbagi cerita
teorinya ayam mulai di rawat baiknya setelah matang (mental maupun fisiknya) disini tiap2 ayam tingkat kematangannya berbeda2, contoh kasus ayam2 saigon di cak bro erap, disana ayam2 saigonnya baiknya mulai dirawat setelah mabung pertama karena menurut cak bro ayamnya matang diusia segitu

visi beternak ayam, kita mempunyai visi yg berbeda2, peternak2 keturunan ditempat kami yg beternak untuk tujuan serius (adu serius & jual serius) sebelum 10 bulan ayam sama sekali tidak dirawat biar sudah berani ayam
nah mas bro ini beternak ayam visinya apa ? serius sekali atau cuma sekedar melepas hobi ? kalo cuma sekedar melepas hoby tidak usah terlalu terpatok pada konsep (liat ayam muda udah berani ayam, bulu rawis udah tua bolehlah dirawat2)

pola maen /teknik ayam
kalo dikandang ms bro punya ayam yg type pukul boooommmm, mending dirawat setelah kakinya benar2 matang (kalo tidak kaki ayam sering bermasalah, turun urat, lutut goyah dll)

kalo kita rawat ayam terlalu muda bisa terjadi salah penilaian (karena blom matang, kita abar2 kadang2 terlihat jelek / kita buang di kandang orang laen malah jadi jawara)

kalo dikadang kami, kebetulan kami juga bukan pengadu/peternak serius jadi ayam dirawat tidak terlalu berpatok pada konsep, hanya dikepala kami sudah tertanam ayam2 muda itu bukan mau dinilai tapi hanya diisengi (jadi waktu saat diabar jelek tidak masalah) kami betul2 menilai ayam kepakai/tidak kepakai setelah berusia matang..... biar satu kandang setiap ayam punya tingkat kedewasaan/kematangan yg berbeda

tapi kami tetap memakai filing (kalo terlihat sudah dewasa, tubuh/mental) tapi menurut cacatan kami usianya baru 6-7 bulan, rawatnya pun ala kadarnya (sekedar rawat2 saja), berbeda kalo ayam tsb sudah berumur 8-9 bulan (ini dirawat untuk diadu)

intinya peka terhadap apa yg kita kerjakan, jangan kaku pada satu konsep, selalu menggunakan filing
boleh merawat sejak dini tapi kalo ayamnya begini, begini otak harus tertanam itu tidak apa2
ayam campuran burma2 turun2 (maen berantakan) waktu muda otak juga harus mengatakan itu tidak apa2
ayam bangkok kontrol waktu muda cepat ngalah otak harus mengatakan itu perlu diwaspadai
dll
jadi mau rawat ayam itu terserah kita saja, tapi kita harus bisa siap membedakan dan memilah pikiran kita sesui kondisi yg kita hadapi


ini saya sangat setuju !
 
The administrator has disabled public write access.
#105752
jokolelur64@yahoo.com (User)
Gold Boarder
Posts: 792
graphgraph
User Offline Click here to see the profile of this user
Gender: Male Location: weleri Birthdate: 2020-08-01
Re:SEPUTAR AYAM !! ANDA BERTANYA, BUCEK MENJAWAB 1 Year, 7 Months ago Karma: -1  
bucek wrote:
tulisan saya diatas acak kadut tapi ms bro mengerti kan ?
intinya ayam itu beda kematangan, beda karateristik jadi kita musti memakai sedikit filiing dalam merawat ayam2 muda tsb (beda kalo kita memperoleh ayam2 tsb diusia siap rawat, siap adu atau sehabis mabung pertama)

kita boleh merawat ayam sejak usia 4 bulan, tapi cara perlakuannya tentu beda dgn saat merawat ayam 6 bulanan beda lagi cara memperlakukan ayam yg dirawat di usia 9 bulanan

matur nuwun pak bro, agak mudeng,
yang biasa saya lakukan dalam merawat lancuran paling hanya di mandiin tiap pagi terus di umbar sampai siang bahkan sore.
kalo tubuhnya sudah mulai berotot(istilah Weleri : KESED) baru lancuran saya abarkan...
 
The administrator has disabled public write access.
#105758
kaver (User)
Platinum Boarder
Posts: 1545
graphgraph
User Offline Click here to see the profile of this user
Re:SEPUTAR AYAM !! ANDA BERTANYA, BUCEK MENJAWAB 1 Year, 7 Months ago Karma: 5  
bucek wrote:
kaver wrote:
terkadang pada wkt abar ayam ada ayam yg sepertinya tarungnya gak fokus ( mata gak cari kepala musuh ) , mungkin ga akibat pernah kepukul saraf mata ( sebelah gak fokus ,tengoknya sih ada tp gak cari kepala jadi muter aja / gak mukul). gmn masukan orang gunung??

susah ditentuin kena bisa seperti itu, karena bisa disebabkan banyak sebab, antara lain
1. ayam2 yg waktu kecil sakit, lalu dipisah (biasanya yg empunya menaruh lampu berwaat agak tinggi biar hangat) ayam yg sangat dekat/menempel dilampu matanya kadang2 rusak, kalo besar diabar agak bleng2 atau bahkan bleng total

2. ayam yg ada masalah disaluran pernasapan & saluran telinga (misalnya goham dihidung, pilek yg gak sembuh2, congean) jadi kalo diabar ayamnya jadi tuli (budeg), itu juga bisa membuat ayam bleng2,

3. ayam pernah kepukul syaraf parah (tapi kasus ini jarang) karena kalo syaraf ayam rusak biasanya sudah terlihat, jangankan diabar jalan saja sudah terlihat bingung2, ini sama halnya dgn ayam yg pernah kena tetelo, blangnya parah

4. ayam kepukul syaraf ringan, kata orang2 gunung ayam kalo kepukul koleng jangan langsung diangkat, biarkan kepukul lagi biar uratnya baik lagi oleh pukulan, kalo langsung diangkat dan tidak dibetulkan oleh orang yg tau, itu bisa membuat ayam syarahnya agak macet2 (jadi waktu diabar aliran darahnya ke otak jadi tidak lancar, akibatnya sedikit blang2)

5. sudah bakatnya memang begitu

6. tapi tidak semua kasus seperti itu, ada ayam sakit yg betul2 nempel dilampu sampe besar tidak masalah juga ada, ayam yg dipukul terguling2 langsung diangkat tapi sembuh lagi juga ada, ayam yg pilek2 diabar tidak ada masalah juga ada

obat goham tiup


ayam sebetulnya udah beres mabung , maen tengok dalam kanan kiri , pukul keras , cuma mnrt rekan sebelumnya pernah sakit parah hampir mati , stlh pindah kdg , di tes yg kanan gak fokus yg kiri bgs , ditempat saya keburu mabung lagi dan skrg tgl buntut sedikit lg , mental bgs ( dulu pilih2 ) thanks atas masukannya....
 
The administrator has disabled public write access.
#105768
just for fun (User)
Fresh Boarder
Posts: 47
graphgraph
User Offline Click here to see the profile of this user
Gender: Male malikmalik0808@gmail.com Location: Samarinda
Re:SEPUTAR AYAM !! ANDA BERTANYA, BUCEK MENJAWAB 1 Year, 7 Months ago Karma: 0  
mohon shae ilmunya :
saya punya ayam sekarang mau dijadikan pacek saja soalnya matanya kena jalu v kok sudah 1 bulan lebih matanya selalu keluar tai mata / seperti nanah dan bau... cara nyembuhin lukanya gimana y bank
?
 
The administrator has disabled public write access.
#105773
bucek (User)
Platinum Boarder
Posts: 2927
graphgraph
User Offline Click here to see the profile of this user
Re:SEPUTAR AYAM !! ANDA BERTANYA, BUCEK MENJAWAB 1 Year, 7 Months ago Karma: 15  
jokolelur64@yahoo.com wrote:
bucek wrote:
tulisan saya diatas acak kadut tapi ms bro mengerti kan ?
intinya ayam itu beda kematangan, beda karateristik jadi kita musti memakai sedikit filiing dalam merawat ayam2 muda tsb (beda kalo kita memperoleh ayam2 tsb diusia siap rawat, siap adu atau sehabis mabung pertama)

kita boleh merawat ayam sejak usia 4 bulan, tapi cara perlakuannya tentu beda dgn saat merawat ayam 6 bulanan beda lagi cara memperlakukan ayam yg dirawat di usia 9 bulanan

matur nuwun pak bro, agak mudeng,
yang biasa saya lakukan dalam merawat lancuran paling hanya di mandiin tiap pagi terus di umbar sampai siang bahkan sore.
kalo tubuhnya sudah mulai berotot(istilah Weleri : KESED) baru lancuran saya abarkan...


sip, jadi di kandang kami ayam dirawat tidak ada patokan umur, ada yg 6 ulan udah dirawat, ada yg 8 bulan, ada yg 1 th dll (tergantung kesiapan ayam tsb dirawat) rawatpun pun beda2, kalo masih 6 bulan masih asal2 saja & penilaiannya pun asal2, kalo yg udah 8 bulanan itu sudah serius dan langsung bisa dinilai layak atau tidak untuk disekolahkan
 
The administrator has disabled public write access.
#105774
bucek (User)
Platinum Boarder
Posts: 2927
graphgraph
User Offline Click here to see the profile of this user
Re:SEPUTAR AYAM !! ANDA BERTANYA, BUCEK MENJAWAB 1 Year, 7 Months ago Karma: 15  
just for fun wrote:
mohon shae ilmunya :
saya punya ayam sekarang mau dijadikan pacek saja soalnya matanya kena jalu v kok sudah 1 bulan lebih matanya selalu keluar tai mata / seperti nanah dan bau... cara nyembuhin lukanya gimana y bank
?


sejak jama ayam ditarungkan, cedera mata itu sudah lumrah terjadi (dan sangat jarang mata ayam yg cedera diobati secara ektra) artinya biar ayam mata kena jalu, biasanya akan sembuh sendiri tanpa harus diobati

mata ayam yg cedera parah, jarang diobati karena pemiliknya berpikir diobati juga percuma karena tetap tidak akan berfungi kembali (buta) mata ayam justru banyak diobati kalo hanya keserempet, kepilis (cedera ringan) dgn harapan dgn diobati mata ayam bisa berfungsi lagi

kalo dikampung sering diobati dgn getah daun kelor, kalo dikota sering diobati dgn obat iritasi ringan semisal insto, kalo kondisinya sudah infeksi (sepeeti kasus diatas) pakenya yg lebih keras semisal xendo citrol
 
The administrator has disabled public write access.
Go to topPage: 1...70717273747576...108