You are here: Home Forum

AyamLaga.COM - Komunitas Penggemar Ayam Laga, Aduan, Bangkok Indonesia

Welcome, Guest
Please Login or Register.    Lost Password?
Go to bottomPage: 12345
TOPIC: pemuliaan ternak
#80454
hayam_jagau (User)
AKU CUMA SEORANG PETERNAK KERE
Platinum Boarder
Posts: 1594
graphgraph
User Offline Click here to see the profile of this user
Gender: Male Location: Kandang : 1. Desa kahakan kab H.S.T, KAL-SEL.  2. Birthdate: 0001-08-25
Re:pemuliaan ternak 2 Years, 4 Months ago Karma: 5  
Cah_Erap wrote:
Sedikit pendapat dari pemula, mohon maklum bila banyak salahnya...

Konsep pemuliaan bertujuan untuk:
- 'memurnikan' suatu sifat dari 1 individu. Jadi keturunan semakin ke bawah diupayakan semakin 'mirip dg induknya. Walaupun menurut perhitungan matematis sederhana hal itu 'tidak mungkin terjadi', suatu copy tidak akan sebaik aslinya.
- membuat sifat gen induk menjadi lebih dominan. jadi apabila kita berkeinginan menghasilkan ayam style lock misalnya maka diharapkan anakannya nanti akan dominan style lock (tapi nggak semuanya loh ya..)

Sedikit pengalaman pribadi. Saya penggemar ayam lock. Menurut pemikiran sederhana saya problem utama dari ayam lock adalah "keluarnya pukul". beberapa percobaan crossbreed saya lakukan:
1. babon teknik lock kawin ama pacek lock -->> kebanyakan ngelock, nggak mukul-mukul
2. babon lock kawin ama pacek kontrol -->> anakannya amburadul, kebanyakan malah nanggung. kontrol tapi gampang turun, kalo keluar locknya kurang rapat (malah seringnya dodolan gendol). Ada sih keluar bagus tapi paling banter 1 tetasan keluar cuman 1 ekor yg bagus, malah sering juga 1 periode anakan jueleeek semua.

Akhirnya iseng-iseng berhadiah saya kawinkan babon lock saya dg sodaranya (1 pacek beda babon), angan-angan ngawur dg pemikiran agar darahnya lebih 'kental'. anakan betina dari perkawinan ini baru saya silangkan dg pacek kontrol-pukul. hasilnya cukup memuaskan bagi peternak ndeso seperti saya, lumayan seragam. Dari satu tetasan yg kebuang cuman 1-2 ekor. Sampek sekarang babon yg saya pake adalah hasil perkawinan dari saudara satu moyang, baru paceknya saya ambil dari luar.

Ini pengalaman saya pribadi loh ya, bila ada perbedaan pengalaman dg rekan-rekan ya mohon dimaklumi...
mantap ya bang...
Ga usah lah nilai anakannya 8 utk kriteria ayam super lock...cukup nilai 7 aja tp kualitasnya merata...sdh sangat memuaskan.
Beaya pakan skrg ini muaahal bang..belum lagi rasa kecewa setelah nunggu sekian lama. Eeeh..hasilnya mayoritas ga kepake..hehehe...
 
"TERNAK AYAM ADUAN LOKAL TRAH GADO2 CAMPUR ADUK : BANGKOK, BURMA BANGKOK, PAMA CROSSING DAN SAIGON BANGKOK"
Kandang : Desa Hantakan & Desa Kahakan, Barabai, KAL-SEL.
HP : 085251704477 / 082262887788
The administrator has disabled public write access.
#80458
Cah_Erap (User)
Expert Boarder
Posts: 319
graphgraph
User Offline Click here to see the profile of this user
Re:pemuliaan ternak 2 Years, 4 Months ago Karma: 2  
hayam_jagau wrote:
Cah_Erap wrote:
Sedikit pendapat dari pemula, mohon maklum bila banyak salahnya...

Konsep pemuliaan bertujuan untuk:
- 'memurnikan' suatu sifat dari 1 individu. Jadi keturunan semakin ke bawah diupayakan semakin 'mirip dg induknya. Walaupun menurut perhitungan matematis sederhana hal itu 'tidak mungkin terjadi', suatu copy tidak akan sebaik aslinya.
- membuat sifat gen induk menjadi lebih dominan. jadi apabila kita berkeinginan menghasilkan ayam style lock misalnya maka diharapkan anakannya nanti akan dominan style lock (tapi nggak semuanya loh ya..)

Sedikit pengalaman pribadi. Saya penggemar ayam lock. Menurut pemikiran sederhana saya problem utama dari ayam lock adalah "keluarnya pukul". beberapa percobaan crossbreed saya lakukan:
1. babon teknik lock kawin ama pacek lock -->> kebanyakan ngelock, nggak mukul-mukul
2. babon lock kawin ama pacek kontrol -->> anakannya amburadul, kebanyakan malah nanggung. kontrol tapi gampang turun, kalo keluar locknya kurang rapat (malah seringnya dodolan gendol). Ada sih keluar bagus tapi paling banter 1 tetasan keluar cuman 1 ekor yg bagus, malah sering juga 1 periode anakan jueleeek semua.

Akhirnya iseng-iseng berhadiah saya kawinkan babon lock saya dg sodaranya (1 pacek beda babon), angan-angan ngawur dg pemikiran agar darahnya lebih 'kental'. anakan betina dari perkawinan ini baru saya silangkan dg pacek kontrol-pukul. hasilnya cukup memuaskan bagi peternak ndeso seperti saya, lumayan seragam. Dari satu tetasan yg kebuang cuman 1-2 ekor. Sampek sekarang babon yg saya pake adalah hasil perkawinan dari saudara satu moyang, baru paceknya saya ambil dari luar.

Ini pengalaman saya pribadi loh ya, bila ada perbedaan pengalaman dg rekan-rekan ya mohon dimaklumi...
mantap ya bang...
Ga usah lah nilai anakannya 8 utk kriteria ayam super lock...cukup nilai 7 aja tp kualitasnya merata...sdh sangat memuaskan.
Beaya pakan skrg ini muaahal bang..belum lagi rasa kecewa setelah nunggu sekian lama. Eeeh..hasilnya mayoritas ga kepake..hehehe...


Betul Pak Hayam Jagau... bagi peternak dg dana terbatas seperti saya keseragaman hasil itu penting. Untuk ngirit biaya tentunya...hehehehehe
 
The administrator has disabled public write access.
#80461
sigit (User)
Fresh Boarder
Posts: 9
graphgraph
User Offline Click here to see the profile of this user
Re:pemuliaan ternak 2 Years, 4 Months ago Karma: 0  
memberi sedikit ide,maaf kalo ada yg salah.....menurut saya babon f3 hasil silangan model breeding memang punya sifat kental seperti kakek nya,tp perlu diingat persilangan tergantung dari 2 gen yaitu gen resesif dan gen dominan. babon f3 tersebut bisa saja bersifat dominan tetapi belum tentu bersifat dominan, bisa jga pejantannya yg lebih dominan. untuk itu lebih baik kita memilih tipe indukan saja yang sudah terbukti trek record nya bisa dilihat dari anakan2 yg telah dihasilkan sebelumnya...apakah babon dominan atau resesif?? kalo dominan bisa dg pejantan manapun karena anakannya akan meniru sifat babonya,tetapi kalo resesif ya tinggal cari pejantan tipe yg kita inginkan otomatis akan meniru paceknya. kalo dihitung2 akan lebih hemat waktu dan biaya krna waktu yg diperlukan akan lebih cepat dan biaya pakan pun minimal....
 
The administrator has disabled public write access.
Go to topPage: 12345