You are here: Home Artikel Seputar Perawatan Kulit dan Bulu Ayam Laga (by Kamandaka)

AyamLaga.COM - Komunitas Penggemar Ayam Laga, Aduan, Bangkok Indonesia

May
25
2009

Kulit dan Bulu Ayam Laga (by Kamandaka)

( 1930 Votes )
Merawat kulit dan bulu ayam laga merupakan hal yg sangat diperhatikan oleh penggemar ayam laga dan ayam aduan di negeri asalnya, Thailand.  Salah satu cara yang digunakan adalah penggunaan KEMIN yg membuat warna bulu menjadi kuning, dimana penggunaan KEMIN ini menjadi salah satu ciri khas ayam laga IMPORT asli dari Thailand. Bebotoh di Indonesia beranggapan penggunaan kemin hanya mempertebal kulit, padahal kemin juga bertujuan untuk mempermudah sirkulasi udara pada bulu ayam.

Kulit ayam yg tidak mempunyai kelenjar keringat dipisahkan menjadi 2 bagian penting yaitu Epidermis dan Dermis. Epidermis merupakan bagian luar dari kulit yg terdiri dari Stratum Germinativum dan berikutnya Stratum Corneum. Stratum corneum merupakan bagian kulit paling luar yang terdiri dari sel yg pipih, mengeras dan disertai beberapa sel yg mati.

Bulu ayam menutup seluruh tubuh sebetulnya berfungsi untuk menjaga suhu badan dari udara dingin, terutama bulu halus yg menyelimuti seluruh tubuh, sedangkan bulu sayap dan bulu ekor sebagai alat terbang dan kemudi. Pada ayam laga, bulu halus diubah fungsinya sebagai alat pendingin, bukan sebagai penjaga suhu tubuh agar keseimbangan suhu tubuh ayam laga dapat terjaga dan tidak terbuang keluar.

Sebagai yang telah diinformasikan di atas, tujuan pemberian kemin adalah utk mempertebal kulit, pemberian kemin dapat dilakukan dengan mencampurkannya dengan kapur sirih sehingga dapat memberikan hasil yang lebih maksimal. Selain itu pemberian kombinasi ramuan ini juga ditujukan untuk melarutkan lemak yg ada pada bulu halus yg menutupi tubuh ayam, sehingga air akan mudah menyerap ketika bulu dibasahi dan juga mudah menguap ketika suhu tubuh meningkat seiring dgn meningkatnya aktivitas tubuh ketika ayam laga diadu.

Ayam akan melakukan pernapasan sangat cepat ketika merasa kepanasan, hal ini adalah satu-satunya cara bagi ayam untuk membuang panas tubuh, karena ayam tidak mempunyai kelenjar keringat. Pembuangan lemak pada bulu halus tubuh ayam akan mempermudah sirkulasi udara yg mengandung uap panas dari badan ayam ke udara. Dengan tanpa hambatan lemak yg melindungi bulu halus ayam, maka akan sangat membantu bagi ayam laga untuk menurunkan kembali suhu tubuhnya dan akan membuat ayam tdk terlalu terengah-engah ketika bertarung.

Karena KEMIN agak susah didapatkan dan harganya cukup mahal, maka alternatif lain yang dapat kita gunakan adalah penggunaan REBUSAN SEREI dan JAHE, yg mempunyai fungsi sama dgn Kemin. Rebusan serei dan jahe dapat memperbaiki aliran darah ayam, mengurangi bengkak dan pegal setelah ayam diabar/diadu dan mengusir nyamuk sehingga ayam tidur lebih nyenyak sehingga ayam laga yang kita miliki dapat terjaga kesehatan kulit dan bulunya dan dapat memberikan hasil yang maksimal saat mempertunjukkan gaya dan kekuatannya dalam bertarung.
Comments (33)add comment

Akhmad zaini (zen mdr) said:

Akhmad zaini (zen mdr)
...
SUNGGUH INFORMASI YG BERMANFAAT.
August 24, 2012

Manuer Marcchos said:

Manuer Marcchos
...
mohon maaf mas pemakaian serai dain kunyitnya di minumkan atau di usapkan ke badan ayam????...thks
March 03, 2012

Manuer Marcchos said:

Manuer Marcchos
...
mohon maaf mas ane pendatang baru,,,setelah saya baca semuanya koq cara pakai jahe dan serai rebus itu g ada
yang jawab saya juga ragu cara pakainya di usap atau di minumkan???????.....thks
March 03, 2012

dedy garank said:

dedy garank
...
cara pake_A gmn????
December 22, 2011

Dany said:

Dany
...
sangat berguna sekali ini info.... smilies/kiss.gif
October 19, 2011

andri said:

andri
...
sya mau tanya kalau buat kurap yg ampu apa ya? tngerang
August 18, 2011

dedy said:

dedy
...
salam kenal all members, mau ty bang kenapa sy punya ayam hari ini sehat, pagianya udah mati ? apa sebabnya, tq
July 15, 2011

dedy said:

dedy
...
salam kenal bro, mau ty, warna bulu ayam sekarang nih... pengaruh ngak ke gaya tarung ayam, tq
July 15, 2011

didik said:

didik
...
ternyata donk depegi to...
July 13, 2011

kelda said:

kelda
...
saya tinggal di medan khususnya d belawan
jd di mana sy bisa memperoleh kemin itu....?????
May 06, 2011

chelot jhenggot said:

chelot jhenggot
...
klo yang saya baca dari artikel lainnya, untuk pembuatan kemin tradisional cukup dari kapur serei dan kunyit!! dua benda tersebut di aduk rata dan dicampur dgn air untuk pemandiannya....
lalu yg paling pas untuk penggunaan kemin itu pas matahari sedang panas2nya... "allah hu ak'lam bis' sha'wab" smilies/grin.gifsmilies/grin.gifsmilies/grin.gif
March 30, 2011

Idris semarang said:

Idris semarang
...
mmakasih mas info ny...o ya sy mau tanya,,cr pemberian air minum pd ayam adu yg di kandang apa air slu stand by slu ada air atau bgmn? pengaruh ngk pd ayam jd gemuk atau jd lemas krn kebanyakan minum? makasih sblm ny....
February 11, 2011

Idris semarang said:

Idris semarang
...
mau tanya bang...klu pemberian kemin itu di mulai dari umur brp and tiap hari atau berapa hari sekali? maaf pemula jd ilmu ny blm banyak...smilies/smiley.gifsmilies/smiley.gifsmilies/smiley.gif
February 06, 2011

Idris semarang said:

Idris semarang
...
mau tanya bang...klu pemberian kemin itu di mulai dari umur brp and tiap hari atau berapa hari sekali? maaf pemula jd ilmu ny blm banyak...
February 06, 2011

deni pradana said:

deni pradana
...
ngomong2 klu mau manjangi ekornya pakai rebusan ini juga y gan, rebusannya diminumkan apa untuk dimandikan gan
November 08, 2010

MrHungau said:

MrHungau
...
penggunaan REBUSAN SEREI dan JAHE, yg mempunyai fungsi sama dgn Kemin.
gimana makenya neh serei sm jahe nya?
July 08, 2010

ganda said:

ganda
...
slamat pagi ...
saya mau tanya.., kalau type ayam kaki beras tumpah da bulu nya berawis.. ( bulu yg di dlm sayap bewarna merah semua dan dileher )
penyakitnya di bulu sayap dan ekor tdk mau tumbuh kalau sdh ganti bulu..
kira2 apa obat buat penumbuh bulu ekornya pak...
thks atas bantuannya sebelummya..
June 28, 2010

Imam munandar said:

Acong
...
Mau tanya saya di bogor sulit untuk mendapatkan kemin,cara mudah untuk membelinya dimana ya? Mohon pencerahannya..
June 01, 2010

akhmad khairin said:

akhmad khairin
...
smilies/smiley.gif nice info
March 15, 2010

esa said:

esa
...
saya suka infonya, tr di cobain deh. tp rumit banget ya.... ada yang lebih mudah lg gk tuk membuat kemin ?
January 15, 2010

Sidiq said:

Sidiq
...
kalau menggunakan air rebusan serei dan jahe itu di usapkan seperti kemin tadi atau di mandikan seperti memandikan pda umumnya???
Tolong di respons pertanyaanya / dijawab yupz.... tkz
December 27, 2009

agung said:

Dwy agung
...
goood goood infonya baru tau kl da kamin untuk perawatan ayam
November 05, 2009

gamcanthoy said:

gamcanthoy
...
Cara umum hobies thailan menggunakan kemin adalah dengan memanaskan kemin diatas api kecil menggunakan wadah berbahan tanah liat. teman-teman bisa menggunakan genteng tanah liat sebagai alternatif. Siram bubuk kemin dengan sedikit air. Setelah hangat, gunakan kain(BUKAN BUSA) untuk meresap kemin tersebut lalu usapkan dengan lembut keseluruh bagian tubuh ayam sambil diurut perlahan. Andaikan teman-teman merasa pegal, sah-sah saja meminjam kemin dan memanjakan diri seperti sang CHAMPION...
September 07, 2009

gamcanthoy said:

gamcanthoy
...
kemin adalah ramuan berbentuk tepung berwarna kuning. Bahan dasar kemin itu sendiri adalah kunyit, pinang dan pala. Lalu dicampur dengan berbagai rempah dan akar-akaran yang komposisi maupun jenisnya berbeda-beda, tergantung peternak atau produsen kemin tersebut. para hobies bisa meramu kemin made in dewek dengan berkonsultasi langsung pada ahli ramuan tradisional setempat yang mahir membuat parem, jangan mengira-ngira sendiri, karena akan kita pakai untuk calon champion.
September 07, 2009

riky said:

riky
...
halo
saya mau tanya untuk penyedia perlengkapan ayam untuk obat-obatan di wilayah tangerang atau jakarta itu dimana yah????
September 02, 2009

cobain said:

cobain
...
mksh mas,,,,,,,,,baru tahu ada yang namanya kemin,
August 27, 2009

alim said:

alim <YM alim_riant081>
...
seep infonya bossssmilies/smiley.gif
July 29, 2009

apay said:

apay
...
mu bertanya kemin ithu apa yah ?? gambir bukan?? yg lainya top banget sampei bengong bacanya
tapi nkemin ini lho mas? kemin nama lainya?? dan jenis apa?
June 29, 2009

arham mandar said:

arham mandar
...
sangat bermanfaat >>>smilies/kiss.gif
June 27, 2009

shino said:

shino
...
kalau boleh nanya kira2 rebusan tadi cuma dioles atau di pakai buat mandikan ayamnya?
June 05, 2009

djauhari said:

djauhari
...
hmmmm,itu to fungsi kemin.thanks u
May 30, 2009

Rio Bagus Kurniawan said:

Rio Bagus Kurniawan
...
smilies/wink.gifok banget!!!
May 25, 2009

nazal said:

nazal
...
Trims banyak bro buat infonya,,,,,,
Salam,,,,
May 25, 2009

Write comment
You must be logged in to post a comment. Please register if you do not have an account yet.

busy