You are here: Home Artikel Seputar Perawatan Proses Penggantian Bulu pada Ayam Laga (by Kamandaka)

AyamLaga.COM - Komunitas Penggemar Ayam Laga, Aduan, Bangkok Indonesia

May
04
2009

Proses Penggantian Bulu pada Ayam Laga (by Kamandaka)

( 1042 Votes )
Proses penggantian bulu atau sering disebut dengan istilah Mabung, Ngurak atau Moulting pd unggas, merupakan hal yg rutin dan terjadi tiap tahun. Pada masa ganti bulu, biasanya banyak bebotoh yg tidak menyadari tentang kondisi ayam yg membutuhkan berbagai mineral dan protein yg bertambah pada fase ganti bulu. Bebotoh masih saja memperlakukan ayamnya dgn ransum biasa, padahal ayam yg mengalami proses ganti bulu lebih memerlukan perhatian ekstra. Pada fase ganti bulu ini merupakan fase istirahat yg panjang dan perlu diberikan pakan khusus yang lebih bergizi tinggi dan mineral berikut vitamin yg cukup. Pemberian pakan yg mengandung kadar protein yg lebih perlu diberikan karena pada fase ini ayam memerlukan energi yg relatis lebih banyak. Bila kebutuhan mineral dan protein tidak tercukupi dlm jumlah yg memadai maka ayam laga akan mengalami penurunan kualitas fisiknya. Efek selanjutnya yang dapat terlihat adalah kondisi berpengaruh pada saat ayam aduan kelak bertarung dimana ayam terlihat lebih lemah dan jadi loyo. Sering kita temui di kandang bebotoh, ayam laga yg dalam fase ganti bulu bermuka pucat kurang gairah dan terlihat lemas.

Pada masa ganti bulu, sebaiknya ayam diberikan Pakan Ayam Petelur dgn kadar protein 16%, sedangkan pakan ayam yg lain sangat tidak cocok, karena kandungan kalori dan protein yang terlalu berlebih. Hal ini ditujukan untuk menghindari terjadinya kegemukan pada ayam, yg berakibat penumpukan pada tulang dada dan hal ini akan sangat mengganggu stamina ayam. Karena ayam akan lebih mudah kehabisan nafas (ngos-ngosan) dan pengembalian bentuk dan berat ideal ayam tsb akan memakan waktu yang lebih lama lagi.

Pada saat ganti bulu, ayam aduan tidak memerlukan pemberian MINYAK IKAN yg berlebihan. Ini bisa dinilai dari sehelai bulu ayam yg mengandung 85% protein, 2.5% lemak, 1.5% serat kasar, 0.2% kalsium dan 0.75% phosporus (berdasarkan penelitian Charoen Phokpand). Jadi dengan dilihat komposisi kandungan bulu, maka ayam tidak memerlukan minyak ikan. Namun pada saat ganti bulu,ayam lebih membutuhkan protein, vitamin dan mineral yg cukup.

Kebanyakan bebotoh beranggapan pemberian minyak ikan dapat membuat bulu mengkilap dan kuat. Minyak ikan mengandung ASAM LINOLEAT 99% sebaliknya ayam hanya membutukan asam linoleat 1% saja yg bisa didapatkan dari pakan ayam aduan umumnya. Padahal untuk membuat bulu mengkilap dan kuat cukup melalui pemberian makanan berprotein yg cukup, sehingga kelenjar lemak yg ada pada ekor akan berfungsi sebagai semir yang akan digunakan ayam untuk mengilapkan bulu meskipun ayam tidak dimandikan.

Pada waktu ganti bulu, ayam tidak membutuhkan tenggaran/umbaran yg rutin, ayam cukup diumbar 3 hari sekali saja untuk mengepakkan sayam dan melemaskan otot yg kaku. Memegang ayam yang berganti bulu juga harulah berhati-hati, karena bulu masih muda dan teras sakit bila dipegang. Dan kemudian jangan sesekali ayam yang sedang berganti bulu dikumpulkan atau digabungkan dengan ayam betina, karena bulu mengandung phosporus yg tinggi, yg merupakan makanan yang paling diminati dan santapan lezat bagi ayam betina. Demikian juga bila dijadikan pemacek, maka perhatikan kebutuhan karbohidratnya, jika kekurangan maka napsu kawin akan menjadi menurun dan sebaliknya jika pemberian karbohidrat berlebihan maka ayam akan menjadi terlalu gemuk yang juga dapat menurunkan nafsu kawin.

Kemudian, selama periode penggantian bulu yang biasanya memakan waktu beberapa bulan, jangan lupa untuk memperhatikan kandang ayam, jangan sesekali menempatkan ayam yang memiliki sudut2 kandang yang cukup tajam yang dapat mengganggu pertumbuhan bulu dah bahkan bisa merusak bulu mudah yang baru tumbuh. Hal ini juga harus menjadi perhatian karena jangan sampai seluruh upaya keras kita di dalam menjaga pola makannya akan menjadi sia-sia belaka karena penempatan kandang ayam yang tidak tepat. Dengan kata lain, untuk ayam yang sedang mengalami penggantian bulu, mulai dari makanan, pengumbaran, dan penempatan kandangnya tetap harus menjadi perhatian kita agar proses penggantian bulu dapat berjalan dengan sempurna. (Sumber bg Kamandaka, edited by Adek)
 
Portal & Komunitas Penggemar Ayam Laga indonesia
Comments (34)add comment

eko said:

eko
...
salam kenal
ayam saya juga lg mabung ,tp males bgt kawin padahal byk betina dara
huff,jd nunggu lama deh py bibit y hehehe
smilies/cheesy.gif
June 19, 2012

si_bolang_sumatera said:

si_bolang_sumatera
...
kereeen afdfsdf fdswkwkwkkwkwkwkwk
October 27, 2011

Dany said:

Dany
...
al.com emang mantabsss.... like banget artikelnya.... sangat membantu smilies/kiss.gif
October 19, 2011

Jehansawahanan said:

Jehansawahan
...
kalo ayam ngorak itu apakah boleh ngerabenismilies/cheesy.gif
May 11, 2011

kelda said:

kelda
...
sy tggal di medan khususnya d belawan
di mana ata gimana cr sy bisa mndapatkan kemin tersebut....???
May 06, 2011

Andi Ibrahim H said:

Andi Ibrahim H
...
Oke dehsmilies/grin.gif
December 06, 2010

ganda said:

ganda
...
slamat pagi ...
saya mau tanya.., kalau type ayam kaki beras tumpah dan bulu nya berawis.. ( bulu yg di dlm sayap bewarna merah semua dan dileher )
penyakitnya di bulu sayap dan ekor tdk mau tumbuh kalau sdh ganti bulu..
kira2 apa obat buat penumbuh bulu ekornya pak...
thks atas bantuannya sebelummya..
July 17, 2010

mupi said:

mupi
...
tapi klo ayam saya mabung nyua lama banget!!!!gimana tah??>smilies/sad.gif
March 30, 2010

bhubhulz said:

adit
...
salam knal...

January 08, 2010

Eddy said:

Eddy
...
Salam kenal pak Agus.
Biasanya kalau saya pak jika sudah rontok bulu ( mau tuntas ), makanan yang sering saya berikan biasanya campuran beras merah dan konsentrat 594, Tujuannya, supaya ayam mulai berkurang lemaknya. Dan jangan lagi diberi katul atau jagung.
Untuk suplemen saya biasa beri vit. b complex, karena aliran darah di ayam 35% tersuply ke bulu , sehingga ayam sering kelihatan pucat, dan sesekali di lepas / umbar biara ayam agak sedikit bergerak.

December 30, 2009

inganmalem said:

inganmalem
...
sebagai penambah saja seperti apa yang saya lakukan untuk ayam yang lagi ganti bulu cukup diberi makan ikan gobi sebanyak 10 ekor tiap hari , tapi ikannya yang betina dan pertumbuhan bulunya lebih cepat seputar 40 hari ya sudah lengkap semuanya .TKS
December 30, 2009

Agus Krisanto said:

Krisna
...
Mohon mas Eddy saring resep Makanan dan Suplemen yang baik, thank's.... trus bagaimana tentang pemberian dogfood apa bagus ???
December 26, 2009

Eddy said:

Eddy
...
Selamat siang,

Kalau saya biasanya kalau sudah rontok bulu / mabung , sebaiknya mulai dijaga kondisi fisiknya. Makanan dan suplemen supaya bisa mulai diberikan dan dijaga supaya kondisi bulu tetap bagus.
December 26, 2009

Agus Krisanto said:

Krisna
...
Mohon pencerahan!!! Klo bulu ayam sudah rontok dan tinggal pertumbuhan, apa makanan tetap pake resep Pak. ir.barata??? terima kasih.
December 26, 2009

Eddy said:

Eddy
...
Good articles and thank's a lot for all.
September 15, 2009

Indhira Augusdhino said:

Indhira Augusdhino
...
Thanks berat infonya bang Kamandaka dan bang Batara atas tambahannya, intinya selama proses ganti bulu pastilah ayam butuh istirahat total dan nutrisi yang berimbang...sekedar berbagi pengalaman dari bebotoh saya terdahulu, selama proses ganti bulu ayam dikarantina dan dipisah kandangkan dengan ayam lain, terlebih ayam ayam pada kondisi siap tarung...katanya sih, buat menjaga kondisi phsykis/mental ayam...trims
September 14, 2009

nurkhotim said:

nurkhotim
...
Untuk mempercepat rontohnya bulu setahu saya ada juga botoh yang ngasih makan cicak atu tokek,.. tujuannya supaya tubuhnya panas dan cepat merontohkan bulu,.. (ingat kucing yang makan cicak jadinya,.. bulunya jadi jarang..he.he..)

Ada yang tahu, umur berapa pastinya mabung pertama, kedua, ketia dst...?
apa ada faktor yang berpengaruh terhadap kecepatan waktu mabung #1,..#2 ?
ditunggu sharingnya Ir. Batara dan admin...
September 11, 2009

gamcanthoy said:

gamcanthoy
...
Artikelnya bagus banget, ilmu memang sangat berguna. Makasih juga buat teman-teman yang melengkapi. sedikit dari saya yang bodoh ini, seperti halnya rambut dan kuku manusia, bulu pada ayam juga ada yang sangat rapuh, normal dan ada juga yang lebih tahan patah.
September 07, 2009

cobain said:

cobain
...
kalao dimandikan pake sampo ngaruh ga mas????////mksh
August 29, 2009

alim said:

alim <YM alim_riant081>
...
bos ada ngak suplement sejenis suntikan yg diberikan supaya bulunya cepat tumbuh bos?tq
July 29, 2009

manung said:

manung
...
buat yang telaten bulu rontoknya di simpan dan dimanfaatkan buat duplikasi ayam dalam lukisan bulusmilies/cheesy.gif, anw tulisan yang bagus dan sangat bermanfaat
June 11, 2009

ferry said:

ferry
...
altikel yang bagus dan sangat membantu para pengemar . tq

May 18, 2009

kamandaka said:

kamandaka
...
thank's atas tambahannya,ir.batara !
May 12, 2009

Jackone said:

Taufik Kurniawan
...
Good artikel !
May 11, 2009

nazal said:

nazal
...
Trims Pak Batara buat infonya,,,,,
Saya tunggu tulisan Bapak selanjutnya.
May 11, 2009

ir.batara said:

ir.batara
...

Ayam yang bulunya gampang patah :
1. jangan dimandikan dengan sabun atau shampoo karena menghilangkan zat lilin
2. beri alas sekam
3. beri ransum yang baik, termasuk suplemen untuk bulu.
May 11, 2009

ir.batara said:

ir.batara
...

Kebutuhan protein (PK) 16% pada artikel di atas untuk ayam mabung, menurut saya belum bisa disebut rendah protein untuk ayam laga. 16% protein itu masih rata-rata. Protein rendah itu berkisar 12-15% dengan energi (EM) rendah pula. Ada 2 cara solusi penanganan ayam mabung, yaitu metode protein tinggi dan metode protein rendah.

Pengaruhnya :
1. Jika ransum rendah protein dan energi : proses mabung menjadi lebih cepat. Kalau ingin lebih cepat lagi, ada yang namanya program 'puasa' untuk ayam. Pada perusahaan peternakan besar, proses puasa ini sudah biasa dilakukan.
2. Jika ransum mengandung protein TINGGI dan energi SEDANG, proses mabung juga bisa dipercepat juga. Saya cenderung memilih program ini karena kesehatan ayam lebih terjamin. Ransum yang saya gunakan adalah formula 28 yang dioplos dengan BR-1. Formula 28 adalah campuran 2 kg konsentrat petelur + 8 kg bekatul. Selama mabung, sebaiknya ayam diumbar di alas sekam.
May 11, 2009

nazal said:

nazal
...
Thanks buat infonya,
Buat bro hajaryuwono; masa mabung memang lama mas,pengalaman saya rata2 5 bulanan bahkan bisa sampai 8 bulan lamanya-tergantung ayamnya.
Agar optimal masa mabungnya, nggak perlu suplemen tambahan bila kandungan nutrisi pada pakan sudah seimbang. Cukup dengan pengistirahatan total, pemberian gizi berimbang, sanitasi lingkungan dan bila cuaca baik, mandikan ayam setiap hari.
Untuk kasus bulu yang mudah patah, umumnya disebabkan oleh pakan yang kurang berimbang gizinya.
Semoga bermanfaat.
May 05, 2009

kamandaka said:

kamandaka
...
suplement utk merontokkan bulu,bisa dipakai obat semprotan perontok bulu khusus burung,ada juga dgn cara tradisional,ragi tape,udang kering,diukep basah tiap hari.Agar ayam tidak mudah patah,pada saat ngurak jgn lupa mineral yg cukup untuk proses bulu muda.
May 05, 2009

mahendrata said:

mahendrata
...
bang kamandaka gimana supaya bulu ayam tidak mudah patah setelah masa mabung selama ini ayam saya bulu 2nya mudah patah saya kasik makan jagung 50% dan beras merah 50%
May 05, 2009

hajar yuwono said:

hajar yuwono
...
ada ga bang suplemen buat mempercepat masa mabung...soalnya nungguinya luaamaaa buanget sampe beranak pinak...keburu pengen ngadu ne bang.... smilies/grin.gifsmilies/grin.gif
May 05, 2009

IKAH said:

IKAH
...
Terimakasih Bang kamandaka semoga postingannya bisa bermanfaat bagi kita semua.smilies/smiley.gif
May 05, 2009

wawan said:

wawan
...
Biasanya proses ganti bulu hingga tuntas itu makan waktu berapa lama bang ..... kok dulu ayam sy kayaknya lama banget ya ?????
May 04, 2009

arif said:

Arif
...
setahu saya di bulu ayam itu juga banyak senyawa yang disebut dengan keratin.. nah ini yang berasal dari protein.. dan untuk memperbaiki bulu.. vit A juga bisa membantu.

maaf kalu salah..smilies/smiley.gif
May 04, 2009

Write comment
You must be logged in to post a comment. Please register if you do not have an account yet.

busy