You are here: Home Artikel Seputar Penyakit Ayam Turun Urat (by Stenly)

AyamLaga.COM - Komunitas Penggemar Ayam Laga, Aduan, Bangkok Indonesia

Apr
15
2009

Ayam Turun Urat (by Stenly)

( 575 Votes )
Turun urat adalah salah satu penyakit pada ayam yang cukup mengganggu, khususnya di dalam pergerakan sehingga menyebabkan keterbatasan gerakan saat melakukan tarung. Dari beberapa pengalaman yang didapat oleh salah satu member AyamLaga.COM bang Stenly, dia punya beberapa pengalaman  dalam melakukan perawatan ayam yg turun urat dan berhasil/sembuh. Berikut beberapa sharing dari bang Stenly.
 
Penyebab terjadinya turun urat pada ayam dapat disebabkan beberapa hal yaitu:
  1. Ayam yg terlalu muda waktu di Gebrak atau ayam muda di gebrak lawan ayam tua, dimana ayam yang terlalu muda struktur tulang dan otot-otornya masih belum maksimal dan kuat.
  2. Pada kasus yg lain, ada juga ayam yg cukup umur tapi bisa turun urat karena benturan yg terlalu keras.
Ciri-ciri ayam yang mengalami turun urat:
  1. Sesudah di Gebrak kaki ayam lebih panas dari biasanya ini bisa di ketahui dgn cara meraba.
  2. Ayam suka mengangkat kakinya dan saat berjalan terlihat pincang dan tidak mau bertumpu pada kaki yang mengalami turun urat.
Beberapa perawatan yang dapat dilakukan:
  1. Setiap hari (sesering mungkin) kaki ayam yang turun urat diperban/dibungkus dgn kain dgn menempelkan Daun SERE yg di tumbuk halus.
  2. Diusahakan agar kaki ayam bisa menginjak tanah (di bungkus seperti merawat orang patah tulang).
  3. Di saat akan mengganti DAUN Sere, sebaiknya kaki ayam di rendam dgn air dingin / air es beberapa menit, kemudian dibungkus lagi seperti semula.
  4. Ayam diberi minum obat Rheumatik atau sejenisnya.
Mudah2an dengan melaksanakan terapi di atas, penyakit turun ayam akan dapat tersolusikan.
 
Terima kasih,
 
Portal & Komunitas Ayam Laga Indonesia
Comments (35)add comment

Eriqi firdaus putra said:

Eriqi firdaus putra
...
ayam saya jugah gitu AL habis digebrak pecek burmanya smilies/sad.gif turun urat itu sembuhnya lama tah AL
April 12, 2013

Eriqi firdaus putra said:

Eriqi firdaus putra
...
ayam saya jugah kayak gitu AL habiss di gebrak oleh pecek burmanya smilies/sad.gif sembuhnya lama tah AL turun urat itu
salam kukuruuyuukkk smilies/smiley.gif

April 12, 2013

arif setiadi said:

arif setiadi
...
Bang stenly.....klo ayam saya ada yg getok dengkul'y skr bengkak'y uda ilang.skr sya coba obatin pke rifampicin sama d perban pake sere..apa tindakan saya uda bener? Mohon pencerahan'y bang....... Tks smilies/smiley.gif
February 16, 2013

Suyanto AM said:

Suyanto AM
...
obat rematik bisa dibeli di apotik.
Namanya Rhemacil atau tanya obat rematik pada penjualnya...
January 20, 2012

wendi said:

wendi
...
mau tanya bang,,, beli obat formula dimana? berapa harganya. tanks
December 09, 2011

titis anggalih said:

titis anggalih
...
betul bgt tu bang
July 28, 2011

Amy Palui said:

Amy Palui
...
Obat Reumatik yg paling tepay untuk ayam apa kira2 Bang? mksh. .
June 30, 2011

Amy Palui said:

Amy Palui
...
Obat Reumatik untuk ayam kira2 apa yg paling tepat Bang? trmksh. . .
June 30, 2011

Ervin said:

Ervin
...
Punya saya nggak sembuh juga bos, malah ditabah bubul dikaki.
Akhirnya dipensiunkan.
February 07, 2011

yudi said:

yudi
...
klo aym abis tarung trus lompat dan skrng telapak kakinya bengkak apa itu termasuk turun urat?ada yg bs bntu... udh 1 minggu ini blm ada perubahn, thanks smilies/wink.gif
February 06, 2011

joko santoso said:

joko santoso
...
kalo kaki lumpuh kedua2nya apa bisa juga diobat pake obat turun urat Formula?
mudah2 dijwab pertanyaanku ini soalnya Bang Stenly kok ndak kasih jawaban sama rekan2 yg udah bertanya2 nih...
February 02, 2011

Satria hizkia said:

Satria hizkia
...
mas..
sebelum nya maaf agak melenceng.
ayam saya sayap nya bengkak n berwarna hijau,sayapnya turun,itu terjadi setelah saya adu,
dan di sayapnya ada bekas jalu mas..
apa penyebabnya kena jalu atau yg lain??
apa ya obat nya mas??
mohon info nya..

salam kenal..
thx..
January 21, 2011

Eko Suwardi said:

Eko Suwardi
...
mksh info'y..
October 28, 2010

uslow said:

uslow
...
ayam yg turun urat kasih formula special aja bro..1 x sehari selama 4 hari berturut2 jam 9 pagi,simpan kandang selalu siapin aer minum..setelah 4 hari stop!!umbar ditempat aman jangan sampai loncat2 dulu!!
bwt pencegahan..kasi satu formula seabis abar,atau balur mulai dari dengkul ampe telapak kakinya pake parutan bawang putih,aman deh!!
tips ini informasi dari mas JN freeyork,.hatur thankyu mas,ayamku sembuh total!!
October 12, 2010

hari said:

hari
...
shoen ga jelas maksudnya,,,,,he....he...he..
October 11, 2010

shoen said:

shoen
...
aku punya maslah dgn ayamku (si cambang)... persendian antara kaki kering ama daging besar sebelah dgn kaki yg satu, tp tanda2 yg di timbulkan seperti pincang n mengangkat kaki g ada,, apa itu dr pembawaan lahir ato gimana?>smilies/sad.gif
July 04, 2010

akhmad khairin said:

akhmad khairin
...
smilies/smiley.gif nice info mas
March 15, 2010

rony said:

rony
...
maksudnya obat-obatan yg dari bangkok itu ya?
sudah mulai banyak beredar kan??
March 10, 2010

bhubhulz said:

adit
...
oia obat'y apa nama'y??
bisa dibeli dmana???
January 08, 2010

bhubhulz said:

adit
...
salam knal...

kapur bangkok yang kaya gmana bang???
trus klo pngen bli kapur bangkok ma khemin dimana???

sblum'y maaf klo ngrepotin...
&trimakasih sblum'y...
January 08, 2010

sammy said:

sammy
...
neh ikut nimbrung...........
sekarang udah ada obatnya tuh harganya juga ngak terlalu mahal
saran aja neh kalo bisa ayam muda kakinya di kuatin dulu supaya ngak gampang turun urat .
biasanya seh kakinya gw kasih kapur bangkok sama kemin gw lulurin kakinya supaya keras 1-2 minggu baru gw abar
September 07, 2009

cobain said:

cobain
...
mas,,,,,,supaya ayam ga turun urat gimaana mas???mksh
August 29, 2009

alim said:

alim <YM alim_riant081>
...
maaf bang mau tanya pencegahaan turun urat ini gmna bang? mohon infonya,,makasih
July 29, 2009

Jeger said:

Robi
...
Thanks & salam kenal. smilies/smiley.gif
June 30, 2009

john connor said:

john connor
...
ayamnya temen ku tulang bawahnya kurang lurus (tulang apa yah namanya,itu lho yg ada dibagian bawah,diantara paha) itu karena sering dilempar-lempar waktu masih kecilnya.itu msh bisa sembuh ga yah??karena ga lurus jadi jalannya juga kurang lurus gitu,,
June 20, 2009

HANDRIO BROTO said:

HANDRIO BROTO
...
Bang Stenly..untuk ayam yang turut urat bagian paha. Selain pengobatan yang dianjurkan...ayam sebaiknya diumbar atau dikandangin aja?
June 11, 2009

nazal said:

nazal
...
@sayuti
Turun apa nech bro?,,turun urat apa turun kalangan?
Kalo turun kalangan, ayadu bisa mulai turun kalangan sekurangnya umur 10 bulan tergantung kondisi. Namun ada pula botoh yang berpendapat setelah mabung/ngurak (moulting) pertama adalah umur dimana ayadu sangat ideal untuk diturunkan di kalangan.
Semoga bermanfaat,,,,
June 10, 2009

sayuti syah alam said:

komandan ayam
...
trims banget bang ...
saya sering banget punya ayam turun urat... karena saya ceroboh bang kalo ngabar.
bang tanya nich kalo ayam tuh udah bisa turun umur berapa sih...
May 13, 2009

nazal said:

nazal
...
Infonya bagus....
Buat ir.batara trims tipsnya....smilies/wink.gif
April 30, 2009

arif said:

Arif
...
Makasih bang infonya..smilies/wink.gif
April 25, 2009

achmad Hussein F said:

achmad Hussein F
...
thanks bang, ntar gw praktekin amaayam gw..smilies/smiley.gif
April 17, 2009

ALDI said:

boy kesawan
...
terima kasih bang stenly... masukan sangat berguna kebetulan saya mempunnyai problem yang sama dengan ayam saya
April 17, 2009

IKAH said:

IKAH
...
Kalau habis tarung ditempat yang keras, telapak kaki luka, itu apa termasuk penyakit turun urat mas.?
April 17, 2009

Fernando Mario said:

Fernando Mario
...
Trima Kasih Kang Stenly ats infonya... maklum masih awam.........smilies/grin.gif
April 15, 2009

Write comment
You must be logged in to post a comment. Please register if you do not have an account yet.

busy